Potensi Sumber daya Alam negara Indonesia dan Korea Selatan

 B. Potensi Sumber daya Alam negara Indonesia (Hutan, Lautan, Tambang, Fauna).

Indonesia Doesn't Know How Many Islands It Has | Condé Nast Traveler
Pemandangan pulau-pulau kecil yang ada di Indonesia
Sumber: https://media.cntraveler.com/photos/59404f9157d01262a807f8c9/16:9/w_2560%2Cc_limit/GettyImages-175386102.jpg

1. Hutan

Hutan di Indonesia adalah hutan terluas ketiga didunia. Luas hutannya sekitar 99 juta hektar yang membentang dari Indonesia bagian barat sampai timur. Tetapi, tahun ke tahun hutan Indonesia mengalami penurunan sekitar 620.375,92 hektar per tahunnya. Potensi sumber daya alam yang mencakup kayu dan semua makhluk yang mendiami hutan itu. Keanekaragaman hayati yang sangat bermanfaat bagi keseimbangan lingkungan hidup makhluk hidup.

15 Provinsi Dengan Hutan Terluas di Indonesia - IlmuGeografi.com
Hutan Indonesia
Sumber: https://ilmugeografi.com/wp-content/uploads/2017/05/Provinsi-Dengan-Hutan-Terluas-di-Indonesia-1280x720.jpg
 

2. Lautan

Lautan di wilayah Indonesia kaya berbagai jenis ikan. Sumber daya alam laut berupa biota laut, tambang minyak lepas pantai dan pasir besi. Potensi ikan laut Indonesia mencapai 6 juta ton per tahun. Potensi laut Indonesia berada di urutan keempat pada 2009 di dunia.

Laut Indonesia sebagai Pesona Dunia dan Masa Depan Bangsa Halaman all -  Kompasiana.com
Lautan Indonesia
Sumber: https://assets-a2.kompasiana.com/items/album/2016/06/08/business-raja-ampat-vs-bunaken-1-575782d596937328048b456c.jpg?t=o&v=760

Sumber: https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/28/110000269/potensi-sumber-daya-alam-indonesia?page=all

3. Tambang

Hasil tambang dari Indonesia adalah Batu bara, Batu bara adalah bahan bakar fosil yang terbentuk dari tumbuhan yang mati yang tertimbun selama jutaan tahun. Negara Indonesia adalah penghasil batu bara terbesar kelima di dunia. Indonesia menjadi negara pengekspor batu bara terbesar di dunia karena masih minimnya pemanfaatan batu bara di dalam negeri. Negara tujuan ekspor batu bara Indonesia adalah Hongkong, Taiwan, China, Korea Selatan, Jepang, India, Italia dan negara Eropa lainnya. Batu bara juga dimanfaatkan sebagai bahan bakar dalam sektor pembangkit listrik.

3 Alasan Mengapa Tambang Batubara Jadi Favorit Pengusaha dan Pembangkit  Listrik NKRI - Boombastis.com | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru  Indonesia
Tambang (Batu Bara) Indonesia
Sumber: https://cdn2.boombastis.com/wp-content/uploads/2019/04/3-Alasan-Mengapa-Tambang-Batubara-Jadi-Favorit-Pengusaha-dan-Pembangkit-Listrik-NKRI.jpg

4. Fauna Indonesia

- Komodo = Komodo adalah reptil dengan nama latin Varanus komodensis (Ora) yang habitatnya berada di pulau Komodo, Flores dan lain-lain. Komodo merupakan spesies kadal terbesar di dunia. Hewan berjenis karnivora ini berukuran 2-3 meter yang pertama kali ditemukan ditahun 1910, karena kelenjar yang beracun didalam mulutnya, hewan ini amat berbahaya. 
ciri ciri hewan komodo, ciri ciri komodo, ciri khusus komodo, klasifikasi hewan komodo, pengertian komodo
Gambar hewan Komodo

- Badak Jawa = Badak Jawa atau badak bercula satu ini adalah spesies Rhinoceros sondaicus yang terbesar di Asia. Memiliki kulit mozaik berupa baju besi seperti badak India karena masih satu genus. Panjang badak ini 3-3,2 meter dengan tinggi sekitar 1,4-1,7 meter. Dan karena potensi kepunahannya hanya sekitar 40-50 ekor di Taman Nasional Ujung Kulon. 

hewan langka indonesia dan daerah asalnya, hewan langka di indonesia beserta gambar dan penjelasannya, hewan langka di indonesia beserta pengertiannya, hewan langka di indonesia beserta penjelasanya, gambar hewan langka di indonesia beserta namanya, hewan langka yang dilindungi di indonesia beserta gambarnya, hewan langka di indonesia dan cirinya
Gambar hewan Badak Jawa

- Burung Cendrawasih = Hewan ini berada di wilayah Indonesia bagian timur, pulau-pulau Selat Tores, dan lain-lain. Bulu yang indah dengan gradasi warna yang sangat menawan menjadikan hewan jenis famili Paradisaeidae ini sangatlah popular dengan julukan burung Surga. Namun, mereka sudah sering diburu.

jenis burung cendrawasih,jenis burung cendrawasih di indonesia, jenis burung cendrawasih yang dilindungi, jenis burung cendrawasih yg dilindungi, jenis burung cendrawasih dan gambarnya, jenis jenis burung cendrawasih yang dilindungi, jenis gambar burung cendrawasih, jenis burung cendrawasih papua, ada berapa jenis burung cendrawasih, termasuk jenis apakah burung cendrawasih
Gambar burung Cendrawasih


C. Potensi Sumber daya Alam negara Korea Selatan (Hutan, Lautan, Tambang, & Fauna).

1. Hutan

Korea Selatan saat ini, merupakan salah satu negara yang sukses merestorasi hutan di kawasannya. Sejak tahun 1962, Korea Selatan telah berhasil menanam sebanyak 12 milyar tanaman pada area yang mempunyai luas 2.1 Juta ha. Mereka dapat berhasil kareana presiden mereka yang merupakan pelopor proses reforestasi. 

Jacheon Forest, Hutan Yang Berumur Ratusan Tahun | Wisata Korea
Hutan Jancheon di Korea Selatan


2. Lautan = 

Korea Selatan tidak kaya akan sumber daya laut, tetapi Korea Selatan mempunyai banyak pulau-pulau dengan perairan laut yang indah, seperti Pulau Jeju

4 Alasan yang Membuat Wisatawan Mengunjungi Pulau Jeju, Melihat Wanita  Menyelam Salah Satu Sebabnya : Okezone Travel
Perairan pulau Jeju

3. Tambang = 

Korea Selatan tidak mempunyai banyak sumber daya alam Tambang. Tetapi, sumber daya alam unggulan di Korea Selatan yang dapat dieksploitasi meliputi sumber bahan bakar seperti batubara dan tenaga air. Sumber daya logam atau mineral juga dapat ditemukan di negara ini, yaitu meliputi tungsten, grafit, molibdenum serta timbal. 

Pertambangan kota' di Korea Selatan menghemat bahan baterai langka |  Indo-Pacific Defense Forum
Pertambangan di Korea Selatan

4. Fauna = 

- Burung Bangau berwarna putih = Burung Bangau berleher putih merupakan jenis bangau yang berukuran cukup besara. Bangau ini memiliki tinggi mencapai 125 cmn dan berat sekitar 6 kg. CIri khas hewan ini, tentu saja leher yang berwarna putih, hewan ini dihiasi dengan garis vertical warna kelabu. Hewan ini sering disimbolkan sebagai perayaan tahun baru yang dianggap berumur panjang.

7 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Korea Selatan
Gambar Burung Bangau warna putih

- Paus Minke = Paus Minke berada di hamper seluruh samudera belahan bumi utara. Paus minke termasuk jenis paus baleen, yaitu paus tak bergigi yang makan plankton atau hewan-hewan kecil lainnya. 
 
Berdalih Penelitian, Jepang Bunuh 333 Paus Minke
Paus Minke di Korea Selatan

- Rusa Musk Siberia = Rusa Musk ini adalah jenis family Cervidae atau rusa sejati. Ciri khasnya Rusa ini tidak mempunyai tanduk, bahkan Rusa ini hanya mempunyai dua taring yang panjang. Paling terkenal dari jenis Rusa ini adalah kemampuannya untuk memproduksi musk. Musk adalah sekresi aroma dari kelenjar perutnya. Aromanya yag wangi membuat musk ini jadi salah satu bahan baku yang banyak digunakan untuk parfum-parfum.
 
7 Hewan Unik yang Bisa Ditemui di Korea Selatan
Rusa Musk Siberia di Korea Selatan

Sumber: 

Baca juga: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini